Resep Becek Khas Grobogan Sedap dan Nyamleng ala Yanto Ganjar

Dari sisi originalitas alias kelaziman yang sudah turun-temurun, bahan baku Becek umumnya menggunakan daging sapi. Tapi soal bahan daging menggunakan daging sapi atau bukan, pada akhirnya ternyata murni merupakan ranah selera. Tak bisa dipaksakan.

dscf7702

Becek ala Yanto Ganjar..sedep dan nyamleng

Disajikan dengan seporsi nasi plus kacang tolo

Disajikan dengan seporsi nasi plus kacang tolo

Karenanya, menjadi absah dan sangat boleh, bila ada kreasi lain yang mencoba menghadirkan cita rasa kuliner becek dengan bahan lain selain daging sapi. Dan itulah yang dilakukan Yanto Ganjar, pemilik sekaligus pengelola Warung Sedep Yanto Ganjar yang beralamat di Jl. Purwodadi-Blora KM. 1 No. 16 Getasrejo (timur bundaran Getas) Purwodadi.

Ia lebih memilih menggunakan daging kerbau ketimbang daging sapi untuk becek racikannya sebagai salah satu menu andalan di warungnya. Selain sebagai different alias ‘pembeda’ dengan warung lainnya yang rata-rata menyediakan becek berbahan daging sapi, juga karena dengan menggunakan daging kerbau diyakini cita rasa becek akan menjadi semakin mantap dan sedap.

Apalagi dalam proses memasaknya pun, Yanto Ganjar memilih strategi yang berbeda. Setidaknya ada dua strategi yang menjadi ‘rahasia’ cita rasa beceknya sehingga menjadi lebih enak dan nyamleng. Pertama; ia terlebih dulu meng-gongso bumbu-bumbu beceknya sebelum memasukkannya ke rebusan daging. Kedua; ia menggunakan kaldu dari sengkel (sendi) kerbau.

Strategi itu memang menjadikan warna dan penampakan beceknya menjadi lebih keruh. Tidak bening seperti penampakan becek pada umumnya. Namun, dari sisi cita rasa, menurutnya jauh lebih sedap dan mantap. Berikut ini resep membuat becek khas Grobogan yang sedap dan lebih nyamleng alas Yanto Ganjar:

Bahan:
• 1 kilo gram daging atau balungan iga kerbau
• 3 liter kaldu dari rebusan sengkel (sendi) kerbau
• 10 butir bawang merah
• 8 siung bawang putih
• 3 sendok kemiri
• 1 sendok tumbar
• 15 buah cabai (atau sesuai selera)
• 5 lembar daun kedondong dan daun dayakan
• 7 lembar salam
• 1 batang laos
• Jahe

Cara:
1. Rebus air hingga mendidih.
2. Masukkan daging/balungan iga kerbau.
3. Haluskan bumbu, lalu gongso sampai harum.
4. Masukkan bumbu ke rebusan daging/balungan.
5. Masukkan kaldu.
6. Siap disajikan.

Menyajikan menu serba kerbau...

Menyajikan menu serba kerbau…

Selain becek yang sedap dan nyamleng, di warung Yanto Ganjar juga menawarkan berbagai kuliner dengan berbahan daging kerbau lainnya seperti: soto, sate, gule, dan pindang. Semoga bermanfaat!*

–>Artikel dan semua foto yang diposting di blog ini ditulis dan diambil oleh saya, ©Kang Asti, untuk @JatengNyamleng. Dan terima kasih atas kerjasamanya untuk tidak menggunakannya tanpa izin. Jika ada yang ingin menggunakan artikel atau foto untuk tujuan komersial, silahkan menghubungi saya secara pribadi.
Advertisements

About Kang Asti

Writer, blogger, book-preneur, dan social-preneur. Direktur Hanum Publisher, Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia, Sekretaris Forum Masyarakat Madani (FMM) Kabupaten Grobogan, Pengurus bidang program Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Grobogan, Ketua Blogger Grobogan, dan Kabid Pendidikan Anti Korupsi DPD Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Jawa Tengah. Hobi banget membaca; penyuka kuliner, dan wisata. Kerjasama dan kemitraan via email: badiatulmuchlisinasti@gmail.com
This entry was posted in Dapur Nyamleng. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s